Siklus Hidup Ikan Pedang/Swordtail

gambar ikan pedang jantan

ikan pedang jantan

Ikan pedang/Swordtail/Xiphophorus helleri adalah salah satu ikan hias air tawar terpopuler. Nama Xiphophorus berasal dari bahasa Yunani ξίφος (pedang) dan φόρος (pembawa). Swordtail termasuk dalam golongan Livebearers, yaitu ikan yang berkembang biak melalui pembuahan internal. Tidak seperti kebanyakan ikan yang bertelur, Livebearers melahirkan anak-anak mereka. Bersama ikan Guppy ( Poecilia reticulata), Platy (Xiphophorus maculatus) dan Molly (Poecilia sphenops), Swordtail tergabung dalam keluarga Poecilidae.

gambar ikan pedang betina

ikan pedang betina

Ukuran ikan pedang dewasa berkisar antara 10-12 cm. Di dalam akuarium, ikan pedang lebih menyukai berenang di area sekitar permukaan (top level). Perbandingan jumlah ikan pedang jantan dan betina yang ideal adalah 1:3. Ikan pedang jantan terkenal aktif secara seksual. Jika jumlah jantan melebihi rasio ideal, ikan pedang betina akan mudah kelelahan dan stress karena terus menerus diganggu oleh beberapa pejantan.

gambar ikan guppy jantan

ikan guppy jantan

Sekilas tentang Guppy, ikan mungil ini ditemukan oleh Robert John Lechmere Guppy di Trinidad pada tahun 1866. Pada awalnya, mereka dinamakan Girardinus Guppii. Daerah penyebaran asli Guppy (sebelum dikenalkan ke seluruh dunia) adalah di kawasan Amerika Utara, tepatnya di kepulauan Karibia (Antigua & Barbuda, Barbados, Netherlands Antilles, Trinidad dan Tobago, AS Virgin Islands) dan Amerika Selatan (Brazil, Guyana, Venezuela).

gambar ikan platy

Monterrey platyfish (Xiphophorus couchianus)

Dari semua keluarga Platy, Monterrey Platyfish ( Xiphophorus couchianus) adalah yang paling langka dan terancam punah.
Bah, tunggu sebentar. Ikan beginian dibilang terancam punah? Bukannya banyak hidup di got?” Setelah googling, meskipun tampilan si Monterrey memang mirip ikan cere betina, ternyata mereka beda spesies. Serupa tapi tak sama. Kemiripan mungkin saja terjadi karena mereka berasal dari keluarga yang sama.

gambar ikan cere betina

ikan cere betina

Ikan cere (Poecilia wingei) atau juga dikenal sebagai Endler’s Livebearer, berukuran lebih kecil dibanding ikan guppy. Tampilan betina yang polos transparan lebih tidak menarik dibanding jantan. Kecuali saat hamil, betina terlihat sedikit lebih lucu dengan perutnya yang buncit. Ikan cere betina dapat melahirkan antara 5 hingga 20 ekor anak ikan dalam sekali beranak. Masa kehamilan ikan cere betina adalah sekitar 21 hari.

gambar ikan cere jantan

ikan cere jantan

Ikan cere berasal dari Venezuela, Amerika Selatan. Ukuran ikan cere jantan (2,5 cm) lebih kecil dibanding betina (4,5 cm).

swordtail jantan

swordtail jantan

Swordtail biasanya berwarna merah. Akibat kawin silang dan mutasi, Swordtail yang ada sekarang sangat beragam dalam bentuk tubuh dan warna. Swordtail jantan dapat dikenali dengan mudah lewat bentuk ekor pedang mereka, sirip punggung lebih panjang, dan sirip perut yang lancip. Sementara betina, bentuk ekor dan sirip perut membulat seperti kipas dan lebih gemuk. Swordtail termasuk ikan yang gampang beradaptasi dengan berbagai kondisi air. Swordtail dapat tumbuh hingga 5 inci (13 cm) dan mampu hidup antara 3-5 tahun.

cacing sutera (tubifex)

cacing sutera (tubifex), salah satu makanan kesukaan swordtail

Swordtail adalah omnivore. Makanan mereka bervariasi dari tumbuhan air seperti alga, hingga makhluk air berukuran kecil seperti cacing sutera dan larva nyamuk. Swordtail juga dapat makan pelet yang komersil dijual di pasaran.

 

Reproduksi
Dalam akuarium, kombinasi ideal adalah 3 betina untuk 1 jantan. Alat kelamin jantan disebut gonopodium, terletak di bagian sirip perut. Saat kawin, Swordtail jantan secara konstan akan mengejar betina sambil “mencium” area sirip perut betina. Tidak lama setelah itu, mereka akan melancarkan “serangan” dengan menginseminasi sperma lewat gonopodium mereka. Proses kawin ini berlangsung sangat cepat. Swordtail betina memiliki kemampuan menyimpan sperma hingga 1 tahun, sehingga terkadang ditemukan Swordtail betina dapat berkali-kali melahirkan tanpa kehadiran jantan selama persediaan sperma masih ada.

Swordtail sangat produktif. Seekor betina dapat melahirkan antara 2-50 anak. Selang 28 hari kemudian mereka dapat melahirkan batch berikutnya. Sering mengganti air, penambahan 1 sendok makan garam per 3 liter air, dan sinar matahari yang cukup dipercaya dapat memperbanyak produksi anakan Swordtail.

gambar anak ikan pedang

anak ikan pedang

Setelah dilahirkan, anakan sebaiknya dipisah dengan ikan dewasa, karena sangat sering ditemukan kasus ikan dewasa memakan anak yang baru lahir. Dari sejak lahir, setiap anak Swordtail sepenuhnya mampu berenang dan makan. Anak ikan biasanya bersembunyi di sekitar tanaman air. Anak swordtail akan menjadi induk setelah berumur 3-5 bulan.

Sebelum memutuskan untuk memelihara Swordtail dan Livebearers lainnya, perlu dipertimbangkan bahwa satu tank/akuarium tidak akan cukup, karena kemampuan reproduksi ikan ini yang sangat cepat dan banyak. Dan semakin banyak ikan, semakin banyak pula waktu dan perhatian yang dibutuhkan. Terakhir, bila sudah bosan memelihara mereka, kemana nasib mereka akan berakhir?

VIDEO: Ikan Pedang Melahirkan

About these ads