Poor Pangolin

trenggiling afrika

Pangolin

Pangolin/Trenggiling/Manis javanica adalah hewan pemakan semut tidak bergigi.

sisik trenggiling untuk obat

Pangolin scale

Sisiknya mengandung zat aktif Tramadol HCl, yang merupakan partikel pengikat pada psikotropika jenis sabu-sabu & dapat menyebabkan kecanduan. Tramadol HCl juga merupakan salah satu obat analgesik yang digunakan untuk mengatasi nyeri hebat baik akut/kronis & nyeri pascaoperasi. Tidak heran kalau sisik trenggiling laku dijual di pasar gelap dengan harga jutaan atau puluhan juta per kilogramnya.

daging trenggiling

pangolins descaled

Berdasarkan penelitian ilmiah, tubuh trenggiling mengandung zat yang dapat menjaga kekebalan tubuh (antibodi) yang sangat tinggi.  Karena hal itu, di negara seperti Singapura, Hongkong, Malaysia & negara dengan banyak etnis Tionghoa (yang terkenal suka menikmati makanan ekstrim dengan dalih kesehatan), daging trenggiling cukup diminati. Harga yang ditawarkan juga mencapai ratusan ribu per kilogram dagingnya. Akan sangat mungkin harga ini akan terus melonjak seiring langkanya populasi Pangolin.

Dan Pangolin pun akan segera punah karena pemburuan liar tak bermoral untuk sisik & dagingnya. Yang saya sayangkan, daging & kulit trenggiling hasil sitaan (biasanya mencapai ratusan kilogram)  akan dimusnahkan dengan cara dibakar.  Sungguh kasihan nasib trenggiling2 itu, diburu, dikulitin, dibakar tanpa hasil. Para pemburu miskin tidak berpendidikan yang ‘menghabisi’ mereka pun tak dapat untung. Benar2 dosa besar.

Pendapat saya, agar kematian trenggiling2 itu tidak sia2. Daging & sisiknya jangan dimusnahkan, tapi diolah secara benar untuk kepentingan medis. Dagingnya bila memang ada importir yang mau, bisa dijual dengan harga tinggi. Hasil milyaran inilah yang bisa digunakan untuk melindungi populasi trenggiling yang tersisa. Jadi setidaknya ada warisan yang diberikan oleh leluhur trenggiling untuk masa depan penerusnya agar kelak nasib mereka lebih baik & mudah2an tidak punah.

Pangolin memiliki susunan sisik yang menyerupai sayuran artichoke.

sayuran artichoke yang menyerupai trenggiling

Artichoke

VIDEO : http://www.youtube.com/watch?v=r2cyp8k8uuM