Dia Bukan Anjing

Pas baca statement ini :
Pomeranians, like many domestic beasts, are furry and cute mammals which you can’t help but kick one right in the face… “STFU STUPID DOG!”, and many other simple pleasures like taking a hammer to their skulls.

Dari sumber : http://goo.gl/7wMC3
(notes : STFU = Shut The Fuck Up)

Bener2 geram hati gw. Sebagai pecinta anjing, terutama pomeranian, gw ga terima & mentolerir orang2 yang suka melakukan kekerasan terhadap hewan, meskipun cuma lewat kata-kata. Pernah ada temen gw yang cewek cerita,
Dia : “gila di daerah komplek perumahan tante gw ada anjing lucu bangeeet, gemesin, minta ditendang.”
Gw : (what the?!)
Mungkin maksud mereka bercanda & ga serius mau melakukan kekerasan terhadap hewan, tapi kan orang lain sebagai pendengar tidak tahu itu.

Oke, lanjut. Sekilas tentang pomeranian, sama seperti German Shepherd & Dobermann yang aslinya dari German, Pom juga berasal dari negara Hitler (tepatnya kota Pomerania). Karakteristiknya bawel (dengan suara gonggongan melengking & susah didiemin), bulu-nya suka rontok & terbang kemana-mana,ukuran tubuhnya kecil tapi pemberani & sangat setia. Pom pertama kali dikembangbiakan oleh Ratu Victoria dari Inggris sekitar abad 18. Banyak yang tidak percaya klo anjing sekecil Pom masih terkait erat secara biologis dengan Siberian Husky. Sama halnya seperti Hyrax yang masih terkait erat secara biologis dengan Gajah. Tadinya gw (dan kebanyakan orang) pikir Hyrax itu sejenis hewan pengerat (rodents), tapi ternyata gw salah besar. Unbelievable isn’t it?

hewan hyrax

hyrax

Hal mencengangkan lain tentang relasi hewan adalah Hyena (Crocuta crocuta). Banyak orang juga berpikir klo Hyena itu terkait erat secara biologis dengan Anjing. Tapi mereka salah besar. Ironisnya, Hyena lebih terkait erat secara biologis ke Kucing (Felis).

gambar hyena

hyena

Berikut klasifikasi Hyena di kerajaan binatang :
Animalia > Chordata > Mammalia > Carnivora > Feliformia > Hyaenidae.

Mereka lebih terkait erat secara biologis dengan Aardwolves, Mongoose, Meerkats dan kucing karnivora lainnya. Bagian yang menunjukkan perbedaan Hyena dengan anjing yaitu pada urutan sub spesies Caniformia (canines) dan Feliformia (felines).

Ada 4 jenis Hyena : Hyena tutul, Hyena bergaris, Hyena coklat, dan aardwolf. Semuanya samar-samar kelihatan seperti Anjing, namun tidak satupun dari mereka yang terkait erat secara biologis dengan Anjing.

gambar hewan aardwolf

aardwolf

Kerabat terdekat Hyena adalah jenis lain dari musang seperti Civets & Genets.

gambar musang genet

genet

Hyena adalah hewan berukuran sedang, dengan berat tubuh hingga 150 pound (60 kg). Mereka dapat hidup antara 10 hingga 20 tahun. Hyena dapat melahirkan 5-6 ekor bayi setelah masa hamil 4 bulan.

Hyena terkenal dengan gigitannya yang sangat kuat, yang dengan mudah dapat menghancurkan tulang paha kerbau, untuk mendapatkan sumsum bergizi di dalamnya.

Gigitan Hyena juga dapat mematikan seperti gigitan Komodo. Mulutnya adalah sarang koloni bakteri patogen yang sangat cepat menginfeksi luka dan mempercepat pembusukan.

Awalnya, diyakini Hyena dapat melakukan perubahan jenis kelamin, dari jantan menjadi betina atau sebaliknya. Mitos ini disebabkan oleh fakta bahwa alat kelamin wanita Hyena sangat mirip dengan penis laki-laki dalam ukuran dan bentuk.

gambar hyena betina

female hyena

Selengkapnya tentang perubahan jenis kelamin Hyena

VIDEO KEREN : http://www.youtube.com/watch?v=icx5TucPZpw