Crispy Kryptopterus

Sejak kecil, mama saya sering menggoreng ikan Lais untuk anak-anaknya. Ikan ini rasanya garing dan gurih tanpa diberi bumbu sekalipun, juga tidak diragukan lagi memiliki kandungan protein & gizi tinggi, jumlahnya juga lumayan banyak di daerah saya dibesarkan (Prabumulih, Sumatera Selatan), dimana di sana banyak aliran sungai tempat ikan ini tinggal. Itu dulu, tapi sekarang saya sudah tidak tahu lagi apakah sudah masuk kategori langka (susah ditemukan) atau masih seperti dulu, karena saya sendiri sekarang sudah jauh dari orang tua dan hampir tidak pernah mengkonsumsi ikan Lais lagi.

ikan lais

ikan lais

ikan lais goreng

crispy kryptopterus

Ikan Lais (Kryptopterus bicirrhis), adalah ikan air tawar yang masih satu keluarga dengan catfish (lele, baung, patin, dsb). Lais adalah ikan asli Asia Tenggara yang penyebarannya terkonsentrasi di Thailand, Malaysia & Indonesia (Sumatera & Borneo). Mungkin karena itu juga, saya jarang menemukan ikan ini umum di jual di pulau Jawa.

gambar ikan lele

lele/clarias/walking catfish

gambar ikan baung sungai

ikan baung/hemibagrus/crystal-eyed catfish

gambar ikan patin

patin/pangasius/shark catfish

Di barat sana, Lais lebih dikenal dengan nama Ghost Catfish atau Glass Catfish, karena warna tubuhnya yang transparan. Nama ilmiah Lais sendiri (Kryptopterus) berasal dari bahasa Yunani kuno : Kryptos (“tersembunyi”) + ptéryx (“sirip”). Hal ini mengacu pada sirip punggung Lais yang berukuran kecil atau tidak ada sama sekali.

Ikan Lais memiliki banyak jenis mulai dari yang berukuran kecil (tidak bisa besar) hingga lais besar yang biasa dipancing. Lais kecil yang tidak bisa besar sering disebut kryptopterus minor/glass catfish & sering terlihat dalam perdagangan ikan akuarium. Lais adalah hewan yang hidup bergerombol, karenanya dalam akuarium biasanya ditempatkan 10 ikan dalam suatu akuarium.

ikan lais kaca

lais/kryptopterus/glass catfish

Lais besar warnanya tidak sebening lais kecil, seiring bertambahnya umur & ukuran. Berat Lais besar dewasa bisa mencapai belasan kilogram. Makanan lais bervariasi mulai dari ikan kecil, cacing, udang kecil, hingga serangga.

ikan lais terbesar

lais besar, courtesy of http://www.fishyforum.com

VIDEO KEREN : http://www.youtube.com/watch?v=iQNWyA3REpo