Daur Hidup Udang (Part 1)

Hari ini saya akan membahas tentang daur hidup udang. Udang dapat hidup di air tawar, asin, payau, bahkan air es di antartika sana. Karena banyaknya jenis udang, maka daur hidupnya akan saya pukul rata untuk semua jenis udang (karena rata2 siklus hidupnya sama).

udang air tawar

udang air tawar

udang krill

Krill (Euphausia superba), udang kecil yang hidup di Antartika

Sekilas tentang hubungan udang dan saya sendiri, udang adalah makanan favorit saya. Alasannya adalah :

  • Udang adalah hewan invertebrata (tidak bertulang punggung), yang membuat mereka sangat rentan dan gampang dimakan.
  • Udang adalah salah satu hewan yang membuat saya merasa tidak berdosa saat memakannya karena : darah mereka tidak merah sehingga lebih tega motongnya, mata mereka kecil dan tidak bisa berkedip sehingga ketika dimakan tidak ada tatapan pilu yang bisa dilihat yg dapat menyebabkan rasa bersalah telah membunuh mereka, bentuk mereka saat kecil menyerupai alien membuat saya merasa berkepentingan untuk membasmi mereka dari muka bumi, jumlah mereka sangat banyak dan tidak pernah masuk dalam daftar endangered species sehingga dengan memakan mereka tidak termasuk dalam aktivitas yang bertentangan dengan greenpeace, predator mereka banyak (termasuk paus, ikan, burung, & makhluk hidup lainnya) sehingga jika dengan memakan udang dikategorikan dalam kegiatan dosa (siap masuk neraka) maka saya tidak akan sendirian di neraka .
  • Rasa mereka enak (terutama telurnya), kandungan gizi ok.
  • Pilihan populer untuk orang yang baru belajar beralih dari omnivora/karnivora menjadi herbivora (vegetarian sejati).
  • Karapas mereka lebih lembut daripada kepiting sehingga lebih gampang dikupas.
udang goreng mayonaisse

Udang mayonnaise, simply delicious

Oh iya, ngomong2 tentang vegetarian, saya sebenarnya sangat berkeinginan untuk menjadi vegan, tapi ada saja hal2 yang menghadang (alibi). Alasan saya belum siap menjadi vegan :

  • Vegan adalah orang yang ga asik. Ga gaul, susah diajak kompromi, terutama saat diajak teman makan bareng.
  • Vegan itu orangnya sensitif. Terutama kalau melihat ada orang lain sedang makan steak mentah dalam satu meja dengan mereka. Kalau vegan agresif mungkin akan teriak2 marahin si pemakan steak mentah tadi dan menjelaskan panjang lebar tentang karma & global warming, kalau vegan pasif mungkin akan menunduk, berdoa untuk si sapi & pengampunan pemakan steak, atau kalau yang ekstrim bisa lari ke toilet buat menangisi nasib si sapi.
gambar steak mentah

steak mentah

Back to topic, ada beberapa fun fact tentang udang :

  • Kalau Michael Jackson bisa moonwalk (berjalan ke belakang), udang bisa berenang ke belakang (ikan ga bisa) bahkan dalam kecepatan tinggi.
  • Kalau waktu kecil dibilangin dengan memakan udang hidup-hidup dapat membuat orang jago berenang, selamat! Anda telah dibohongi. Makan udang dalam keadaan masih hidup tidak akan membuat anak kecil menjadi pandai berenang, tapi kelihatan kejam iya.
  • Udang punya 5 pasang kaki depan untuk merangkak (pereopods) dan 5 pasang kaki pipih di bagian perut (pleopods) untuk berenang.
  • Udang bernafas dengan insang.
  • Otot terkuat mereka ada di bagain perut yang digunakan untuk berenang (wow sixpack bok).
  • Sama seperti makanan laut lainnya, udang kaya akan kalsium & protein tetapi rendah energi. Makanan yang bahan utamanya udang merupakan sumber kolesterol.
  • Tergantung pada spesies dan lokasi, udang dapat tumbuh dari sekitar 1,2 cm sampai 30 cm, dan dapat hidup antara 1 – 6,5 tahun (itupun kalau bisa lolos dari maut).
gambar anatomi udang

anatomi udang

Wuih panjang juga ngelanturnya, kalau begitu daur hidup udang yang sebenarnya lanjut buat next post. Karena dari pengalaman pribadi, baca artikel yang kepanjangan bikin orang males dan lose interest. See you in next post. Next : Daur Hidup Udang (Part 2)