Daur Hidup Udang (Part 2)

Previously on Adearisandi’s Blog : Daur Hidup Udang (Part 1)

Udang/Prawn/Shrimp/Penaeus/Metapenaeus monoceros adalah crustacea yang memiliki toleransi tinggi terhadap racun dan dapat memberikan kontribusi tingkat toksin tinggi ke predator mereka. Bahasa gampangnya, udang dapat hidup normal di daerah tercemar, namun cemaran racun tersebut tidak ternetralisir, namun menjadi kesatuan dalam tubuh udang. Sehingga predator yang memakan udang tersebut akan keracunan, meskipun udang yang dimakannya terlihat sehat.

TELUR
Udang akan bertelur dan dikumpulkan sekaligus dibawa di bagian perut (jumlah telur tergantung jenis & ukuran udang). Telur ini kemudian akan dibuahi secara eksternal (sperma disemprot oleh sang jantan ke air lepas). Keadaan telur di perut induk tidak sepenuhnya aman, karena bisa saja telur terlepas jika terkena arus deras atau saat induk tiba-tiba berenang cepat untuk menghindar dari predator.

udang hamil

udang hamil

NAUPLIUS
Dalam waktu 24 jam, telur akan menetas menjadi Nauplius dan lepas dari perut sang induk. Nauplius bentuknya menyerupai kutu kecil (mirip alien juga).
Hidup Nauplius diserahkan kepada belas kasihan air karena tidak dapat mengontrol pergerakan dan tidak bisa berenang. Di laut, Nauplius akan menjadi bagian zooplankton sebagai makanan banyak makhluk hidup laut.

gambar nauplius

nauplius

ZOEA
Nauplius kemudian bermetamorfosis memasuki fase kedua yaitu Zoea. Zoea memakan ganggang liar.

gambar zoea

zoea

MYSIS
Setelah beberapa hari Zoea bermetamorfosis menjadi Mysis. Mysis memakan ganggang dan zooplankton. Jika secara tidak langsung/ tidak sengaja memakan Nauplius, maka mereka termasuk dalam golongan hewan kanibal.

gambar mysis udang

mysis

UDANG
Setelah 3 sampai 4 hari kemudian Mysis bermetamorfosis terakhir kali memasuki tahap pascalarva: Udang muda yang sudah memiliki ciri-ciri Udang dewasa, tapi warnanya lebih transparan daripada Udang dewasa. Saat menjadi Udang muda, udang tidak hanya bisa berenang, tapi juga mulai belajar berjalan dengan 5 pasang kaki mereka (sebelumnya tidak bisa). Seluruh proses memakan waktu sekitar 12 hari (untuk udang kecil) dari pertama kali menetas hingga menjadi Udang dewasa.

gambar udang merah

red night shrimp

VIDEO KEREN : http://www.youtube.com/watch?v=eKPrGxB1Kzc