Siklus Hidup Tuna (Part 1)

Seperti biasa, mari kita berkenalan dulu dengan Tuna.

Scombridae
Scombridae adalah nama family untuk ikan laut jenis tuna. Ada sekitar 55 spesies dalam 15 genus dari family Scombridae. Tuna termasuk perenang cepat dan terkuat di antara ikan bertulang sejati. Species tercepat dari keluarga ikan ini adalah Wahoo (Acanthocybium solandri) dengan kecepatan 75km/jam.

gambar ikan wahoo (acanthocybium solandri)

Wahoo (Acanthocybium solandri)

Species terbesar adalah Northern Bluefin Tuna (Thunnus thynnus) dengan berat hingga 700 kg dan panjang hingga 4,5 m. Rekor dunia untuk Tuna adalah Tuna seberat 1496 pounds (678.5 kg) yang ditangkap pada tahun 1979 oleh Ken Fraser. Tuna jenis ini juga merupakan tuna termahal (396.000 USD/Rp. 3,5 Miliar).

ikan tuna terbesar di dunia

Northern Bluefin Tuna (Thunnus thynnus)

Mackerel
Mackerel adalah sebutan untuk ikan laut dari keluarga Tuna (Scombridae) yang ukurannya relatif kecil hingga sedang, seperti Tenggiri (Spanish mackerel/Scomberomorus) , Butterfly kingfish (Gasterochisma melampus) dan Kembung (Short Mackerel/Rastrelliger).

gambar ikan tenggiri

Tenggiri (Spanish Mackerel/Scomberomorus maculates)

Butterfly kingfish (Gasterochisma melampus)

Butterfly kingfish (Gasterochisma melampus)

gambar ikan kembung

Kembung (Short Mackerel/Rastrelliger brachysoma)

Mackerel masuk dalam golongan ikan pelagis, yaitu ikan yang mengandung sekitar 30% minyak di dalam tubuhnya (terutama di rongga perut). Minyak ikan pelagis mengandung vitamin A, D, asam lemak & Omega 3. Mackerel sering dijadikan ikan kalengan.

Selain mackerel, beberapa jenis tuna lainnya yang umum dikenal masyarakat antara lain Tongkol (Bullet Tuna/Auxis rochei), Tongkol (Little Tuna/Euthynnus affinis), Cakalang (Skipjack Tuna/Bonito/Katsuwonus pelamis), Yellowfin Tuna (Thunnus albacores), Southern Bluefin tuna (Thunnus maccoyii).

gambar ikan tongkol

Tongkol (Bullet tuna/ Auxis rochei)

ikan tongkol

Tongkol (Little Tuna/Euthynnus affinis)

ikan cakalang

Cakalang (Skipjack Tuna/Katsuwonus pelamis)

ikan tuna sirip kuning

Yellowfin Tuna (Thunnus albacores)

ikan tuna sirip biru

Southern Bluefin tuna (Thunnus maccoyii)

Anatomi Tuna

gambar anatomi ikan tuna

Anatomi Tuna

Tubuh berukuran besar, berbentuk fusiform (lebar di bagian tengah dengan ujung-ujung menyempit). Memiliki 2 sirip dorsal/punggung dan 2 sirip perut. Di belakang sirip punggung dan sirip perut terdapat sederetan sirip-sirip kecil yang disebut finlet berjumlah 7-10 finlet. Tubuhnya tertutup oleh sisik yang sangat kecil, berwarna biru tua dan agak gelap pada bagian atas tubuhnya. Sisik berukuran besar juga ada namun jarang nampak. Tanda sisik besar membentuk semacam lingkaran pada bagian belakang kepala. Hati tuna beberapa kali lebih besar daripada hati ikan lainnya dan lebih mirip dengan hati mamalia

Makanan
Tuna
mendapat stamina fisik yang luar biasa dari pola makan yang sehat seperti ikan-ikan kecil (anchovies, sardines & mackerels), krill (udang kecil), cumi, dan sea squirt/salp.

gambar ikan sarden hidup

Sardines

Salp (Thetys vagina)

Salp (Thetys vagina)