Siklus Hidup Tuna (Part 2)

Lama hidup tuna bervariasi tergantung spesies. Northern Bluefin Tuna dapat hidup hingga 30 tahun. Bigeye Tuna & Yellowfin Tuna dapat hidup hingga 9 tahun. Southern Bluefin Tuna dapat hidup hingga 20 tahun. Southern Bluefin Tuna mencapai kematangan seksual pada usia 7-9 tahun. Untuk spesies tuna yang lebih kecil, mencapai kematangan seksual pada usia 3-5 tahun. Antara bulan September-Maret, Tuna berkumpul di daerah pemijahan di Samudera Hindia untuk berkembang biak. Induk Tuna dapat melepaskan sebanyak 100.000 telur per 1 kg berat badan. Tuna dewasa biasanya memiliki berat diatas 100 kg.

Telur
Tuna memulai hidup sebagai telur sekitar 1 mm di lapisan atas air. Setelah sekitar 30 jam pemijahan, telur siap untuk menetas.

telur ikan laut

fish eggs

Larvae
Telur akan menetas menjadi larvae sekitar 2,5 mm. Larvae bertahan hidup dengan memakan crustacea kecil seperti copepod dan mikroplankton lainnya.

larva ikan

fish larvae with copepod

Untuk yang penasaran apa itu copepod, berikut gambar closeupnya (mirip plankton dalam film Spongebob).

copepod

Copepod : Cyclops (Acartia tonsa)

gambar mister plankton

mr plankton

Tuna
Ketika tumbuh sampai 12 mm, tuna kecil mulai mengembangkan pola pigmen kecil yang membantu membedakan mereka dengan spesies tuna lainnya.

anak ikan tuna sirip biru

baby bluefin tuna

Tuna kecil akan tumbuh menjadi tuna muda yang lebih suka hidup di air dangkal (jauh dari predator besar) dekat pantai dan juga cenderung lebih ke permukaan (dekat dengan koloni plankton dan ikan kecil).

anak ikan tuna sirip kuning

small yellowfin tuna

Tuna senang hidup berkelompok, biasanya dengan ukuran yang sama dan tidak terbatas pada satu spesies, dalam gerombolan dapat ditemukan beberapa tuna dengan spesies berbeda. Tapi untuk tuna besar, dengan berat lebih dari 500 pound (225 kg), biasanya hidup soliter (menyendiri).

gerombolan tuna

tuna group

Tuna yang beranjak dewasa mulai berani tinggal di laut dalam dan bahkan berenang menjelajah samudera. Mereka sendiri telah menjadi predator bagi ikan-ikan kecil, termasuk tuna muda. Tuna bisa menyelam hingga kedalaman sekitar 1000 m untuk mencari makanan. Ikan tuna setiap harinya dapat mencerna makanan 15% dari berat tubuhnya.

ikan tuna sirip kuning dewasa

big yellowfin tuna (Thunnus albacares)

Ukuran Tuna dewasa berbeda-beda tergantung spesies mereka (dapat dilihat di chart di bawah)

range ukuran ikan tuna

tuna size chart

ikan tuna sirip biru terbesar

Bluefin Tuna (Thunnus thynnus), spesies tuna terbesar, bisa mencapai panjang 458 cm

Bullet Tuna (Auxis rochei)

Bullet Tuna (Auxis rochei), spesies tuna terkecil, bisa mencapai panjang 36,5 cm

Predator
Karena ukuran mereka yang relatif besar, tuna tidak memiliki banyak predator. Predator tuna antara lain Billfish, Hiu, Paus Pembunuh, dan paling menakutkan : Manusia.

ikan pedang

billfish

paus pembunuh

Paus Pembunuh/Killer Whale (Orcinus orca)

Jepang dan Amerika Serikat merupakan konsumen terbesar ikan tuna, dengan tingkat konsumsi masing-masing sekitar 36% dan 31% dari hasil tangkapan di dunia. Bluefin Tuna adalah spesies tuna yang paling dieksploitasi yang menyebabkan spesies ini masuk dalam daftar endangered species.

pasar lelang ikan tuna

fresh tuna

Di jepang, daging tuna di sebut maguro.

maguro sushi

maguro sushi

Bagian daging paling mahal dari Bluefin Tuna adalah Toro, daging perut berlemak. Semakin berlemak, semakin disukai.

gambar anatomi ikan tuna

maguro anatomi

VIDEO 1 : http://www.youtube.com/watch?v=ltEqIXxBoxg&feature=related

VIDEO 2 : http://www.youtube.com/watch?v=rDiuj6Vvofs