Siklus Hidup Rubah Fennec/Fennec Fox

Identifikasi

gambar rubah fennec

Rubah Fennec

Nama: Fennec Fox (Vulpes zerda)
Keluarga: Canidae (anjing dan kerabat)
Panjang badan: 37-41 cm
Panjang ekor: 19-21 cm
Berat: 1-1,5 kg

VIDEO SUARA RUBAH FENNEC : http://www.youtube.com/watch?v=K8n_BGzj2nc

Dari semua rubah, rubah Fennec adalah yang terkecil dan sangat erat terkait dengan anjing Chihuahua modern.

gambar chihuahua

Anjing Chihuahua

Habitat
Rubah fennec hidup di daerah gurun dan wilayah bukit pasir di Afrika Utara dan Gurun Sahara.

rubah gurun pasir

Rubah Fennec di Gurun Sahara

Morfologi
Rubah fennec memiliki bentuk tubuh yang sudah disesuaikan dengan habitat mereka.

  • Rambut
    Rambut mereka berwarna cream terang (seperti warna pasir) yang berfungsi sebagai kamuflase dan untuk memantulkan panas dari sinar matahari. Rambut mereka juga panjang dan tebal berfungsi untuk membuat hangat saat malam dingin.
  • Telinga
    Telinga mereka sangat besar berfungsi memancarkan panas tubuh keluar dan bekerja sebagai penangkap suara yang baik, memungkinkan mereka mendengar hingga jarak lebih dari 20 mil ataupun mendengar suara binatang kecil di kedalaman sekitar 10 kaki bawah tanah.
  • Ginjal
    Rubah Fennec memiliki ginjal khusus yang disesuaikan terhadap persediaan air yang sangat sedikit.
  • Kaki
    Rubah Fennec memiliki bulu tebal di bawah kaki untuk melindungi mereka dari panasnya pasir gurun saat mereka berjalan. Kaki ramping memudahkan mereka untuk bergerak cepat ketika predator mendekat. Saat melarikan diri kecepatan mereka bisa mencapai 20 mph. Rubah fennec juga merupakan pelompat handal, seekor rubah dapat melompat setinggi 61 cm dan sejauh 120 cm ke depan, yang membantu mereka menangkap mangsa. Kaki mereka juga dilengkapi dengan kuku untuk menggali terowongan setidaknya 15 meter di bawah tanah sebagai sarang bagi anak-anak dan tempat berlindung dari predator ataupun cuaca terik.

Makanan
Di kondisi gurun pasir yang gersang, rubah Fennec mempertahankan diri dengan memakan hampir segalanya, termasuk buah-buahan, biji-bijian, telur, rayap, siput, burung, kadal, dan tikus. Rubah Fennec adalah hewan nokturnal. Mereka aktif mencari makan pada malam hari.

Siklus Hidup

  • Bayi
    Ketika lahir, telinga bayi rubah Fennec terlipat dan matanya tertutup. Mata bayi Fennec akan terbuka sekitar 10 hari dan telinga juga akan berdiri segera setelahnya.
newborn fennec fox

Bayi Rubah Fennec

  • Remaja
    Setelah berumur sekitar 61-70 hari, anak rubah Fennec tidak lagi menyusu pada induknya dan akan mulai belajar mandiri.
gambar fennec fox

Rubah Fennec Remaja

  • Dewasa
    Rubah Fennec akan mencapai kematangan seksual setelah usia sekitar 9 bulan.
fennec fox

Rubah Fennec Dewasa

  • Musim Kawin
    Musim kawin biasanya terjadi antara bulan Januari-Februari. Rubah Fennec hidup dalam kelompok berisi 10-15 individu dan tiap pasangan biasanya memiliki ikatan seumur hidup. Proses kawin mereka terbilang cukup lama (sama seperti pada anjing) , dapat berlangsung hingga lebih dari 2 jam.
Vulpes zerda

Rubah Fennec adalah pasangan setia seumur hidup

  • Kelahiran
    Setelah kawin, jantan menjadi sangat agresif dan protektif terhadap betina. Fennec jantan akan menyediakan makanan selama kehamilan dan periode menyusui untuk pasangannya. Masa hamil pada rubah Fennec berlangsung sekitar 50 hari. Dan bayi yang dilahirkan bervariasi antara 1-5 bayi. Spesies ini biasanya berkembang biak hanya sekali dalam setahun. Rubah Fennec memiliki harapan hidup sekitar 9-12 tahun.

Predator
Predator utama meliputi Caracal, Hyena, Eagle Owl Afrika dan Saluki.

Caracal

Caracal

Eagle Owl

Eagle Owl

Saluki hound

Saluki

Rubah Fennec juga suka diburu oleh penduduk asli yang tinggal di Sahara untuk diambil bulunya ataupun dijual sebagai hewan peliharaan eksotis di negara maju. Di Afrika, selatan Maroko pada khususnya, daging rubah Fennec tidak dimakan karena dianggap berbau busuk. Fennec Fox adalah hewan nasional Aljazair (Algeria).

gambar bendera algeria

Bendera Algeria (Aljazair)