Kucing (Felis Catus)

Ailurophiles adalah sebutan untuk pecinta kucing yang selalu ingin tahu lebih banyak tentang hewan peliharaan favorit mereka (kepo kucing). Jika rekan pembaca terkasih termasuk salah satu Ailurophiles, hal-hal yang akan Anda baca berikut mungkin sudah terlebih dahulu Anda ketahui. Namun kalau belum, informasi berikut tergolong layak baca.

kucing lucu

Di beberapa negara maju seperti Amerika Serikat, kucing adalah hewan peliharaan berbulu terpopuler, bahkan lebih populer daripada anjing, sahabat terbaik manusia. Beberapa keunggulan kucing dibanding anjing antara lain ukuran tubuh lebih kecil dan lebih ‘bandel’. Analogi yang pas untuk pernyataan tadi adalah antara Nokia 3310 jaman dulu & smartphone buah-buahan jaman sekarang. Ukuran 3310 lebih kecil (super portable), tapi ‘bandel’ (tahan banting).

Terdapat banyak jenis kucing rumah di dunia (lebih dari 40 jenis), namun kurang lebih hanya 3 jenis yang terkenal di Indonesia. Mereka adalah: kucing Persia, jenis kucing terpesek dengan rambut terpanjang dari semua jenis kucing. Kucing Angora, yang sering salah dalam penulisan (Anggora, 2 ‘g’). Nama lengkap kucing Angora adalah “Turkish Angora”, jenis kucing asli asal Turki. Dan terakhir kucing Siam, jenis kucing asal Thailand.

Kucing Persia

Kucing Persia

Kucing Anggora

Kucing Angora

Kucing Siam

Kucing Siam

Dibandingkan dengan ukuran tubuh, kucing merupakan salah satu mamalia dengan ukuran mata relatif besar. Dari semua hewan, cumi-cumi memiliki proporsi mata terbesar. Kebanyakan kucing tidak memiliki bulu mata ̶a̶n̶t̶i̶ ̶b̶a̶d̶a̶i̶ .

Mata Kucing

Mata Kucing

Penglihatan kucing 6 kali lebih baik dari manusia saat malam dan penciuman kucing 14 kali lebih tajam dari manusia. Meskipun tidak buta warna, jangkauan warna yang dapat dilihat kucing sangat terbatas. Selengkapnya tentang penglihatan hewan: http://goo.gl/T88Sw.

penglihatan kucing

perbandingan penglihatan warna pada manusia dengan kucing

Bagian tubuh kucing sering dipakai dalam penamaan benda. Salah satunya adalah batu mata kucing, batu mulia yang dipercaya dapat bersinar dalam gelap.

Batu Mata Kucing

Batu Mata Kucing

Contoh lainnya adalah tanaman kumis kucing yang terkenal dapat mengobati susah kencing dan rematik. Tidak hanya di Indonesia, di luar negeri tanaman ini juga dikenal dengan nama “Cats Whiskers”.

Kembang Kumis Kucing (Orthosiphon aristatus)

Kembang Kumis Kucing (Orthosiphon aristatus)

Atau kue lidah kucing, kue kering dengan kandungan lemak, protein, dan gula yang tinggi. Bahan utama pembuat kue lidah kucing: tepung terigu, mentega, gula halus, putih telur. Aduk sampai rata, panggang hingga berwarna cokelat keemasan. Hmm…yummy. #FromFarahQuinnWithLove

Kue Lidah Kucing

Kue Lidah Kucing (Sweetand delicious)

Kucing tidur di sembarang tempat yang mereka rasa nyaman, dan dapat tidur selama 16-18 jam per hari.

kucing tidur

kucing tidur

Kucing betina menjadi dewasa saat usia 5 bulan, sementara jantan 9 bulan. Kucing betina dewasa dapat hamil & melahirkan 2-3 kali dalam setahun. Umumnya jumlah anak yang dilahirkan antara 1-8 ekor. Anak kucing yang dilahirkan bersamaan oleh satu induk betina bisa berasal dari beberapa sperma jantan berbeda. #NahLoh

Seekor kucing Siam di Inggris (7 Agustus 1970), melahirkan 19 ekor anak kucing (4 di antaranya mati saat proses melahirkan). 14 di antara anak kucing yang selamat adalah jantan. Ini adalah rekor anak kucing terbanyak yang dapat dilahirkan.

kucing beranak

kucing beranak

Selama hidupnya, seekor kucing betina dapat menghasilkan lebih dari 100 keturunan. Rekor keturunan terbanyak oleh kucing betina dipegang oleh seekor kucing bernama Dusty, terakhir melahirkan saat berusia 18 tahun (420 ekor keturunan).

Kucing melangkah dengan kedua kaki kiri, lalu kedua kaki kanan ketika mereka berjalan atau berlari. Kucing dapat melompat 5 kali dari tinggi tubuhnya.

Cat Walk

Cat Walk

Kucing rumah dengan ukuran terbesar berasal dari jenis Ragdoll, jantan dewasa 5-9kg, betina 4-7kg.

kucing terbesar

Ragdoll, jenis kucing rumah terbesar

Kucing rumah dapat hidup antara 10-15 tahun. Seekor kucing bernama Ma, yang dimiliki oleh Alice George Moore dari Inggris merupakan kucing dengan usia terlama (meninggal pada tanggal 5 November 1957 saat berusia 34 tahun).