Anjing Liar Afrika

African wild dog (Lycaon pictus)

Anjing Liar Afrika (Lycaon pictus)

Kingdom: Animalia
Phylum: Chordata
Class: Mammalia
Order: Carnivora
Family: Canidae
Genus: Lycaon
Species: Lycaon pictus

Nama Lain: Painted Dog, Cape Hunting Dog, Mbwa Mwitu (bahasa Swahili)
Panjang: 75–110 cm
Berat: 17-36 kg
Kecepatan: 72 km/jam
Harapan hidup: 10-13 tahun

Anjing liar afrika adalah hewan asli Afrika yang terancam punah akibat penyempitan habitat dan perburuan liar. Mereka termasuk anjing berukuran medium (seukuran Samoyed, Akita, Australian Cattle Dog).

anjing liar afrika

tampilan fisik anjing liar afrika

Rambut mereka memiliki pola dari campuran warna hitam, coklat, putih, oranye, beige (krem), dan abu-abu. Pola warna ini adalah hasil penyesuaian dengan lingkungan tempat mereka tinggal untuk memudahkan kamuflase. Ciri fisik anjing liar afrika yang jelas terlihat adalah daun telinga lebar, moncong panjang, kaki jenjang, dan ujung ekor berwarna putih. Tidak seperti anjing pada umumnya yang memiliki 5 jari kaki, anjing liar afrika hanya punya 4 jari kaki. Usus mereka juga lebih panjang untuk memaksimalkan penyerapan air dari makanan yang mereka santap.

kawanan anjing liar afrika

kawanan anjing liar afrika

Anjing liar afrika hidup di padang gurun Sahara dan savanna di benua Afrika dengan populasi terbesar berada di Botswana dan Zimbabwe. Anjing liar afrika hidup dalam kawanan beranggotakan 6-20 ekor anjing. Semakin banyak jumlah anggota dalam kawanan, semakin tinggi tingkat kesuksesan dalam perburuan. Hampir 80% dari perburuan yang dilakukan anjing liar afrika berakhir dengan keberhasilan. Mereka melakukan aktifitas bersama mulai dari mencari makan sampai membesarkan keturunan.

Dalam tiap kawanan, terdapat 1 pasang anjing dominan. Normalnya, hanya pasangan dominan yang bereproduksi sementara anggota kawanan lain hanya bertugas berburu dan membantu membesarkan keturunan. Anjing liar afrika mencapai matang kelamin pada usia 1-1,5 tahun dan dapat berbiak sepanjang tahun, tapi masa puncak musim kawin terjadi antara bulan Maret dan Juni. Setelah 70 hari mengandung, anjing betina dominan akan melahirkan sekitar 8-20 ekor anak anjing di dalam liang.

anak anjing liar afrika

anak anjing liar afrika

Sang ibu akan menjaga anak-anaknya selama seminggu pertama sementara anggota kawanan lain mencari makan untuk mereka. Anak anjing akan meninggalkan liang setelah 2-3 bulan.

Saat berusia 8-11 bulan, anjing liar afrika muda dapat membunuh mangsa kecil tapi kebutuhan makan utama mereka masih tetap tergantung dari hasil tangkapan kawanan. Anjing liar afrika akan menjadi pemburu yang lebih ahli saat berusia 12-14 bulan.

Anjing liar afrika merupakan predator alami bagi thompsons gazelle, warthog (babi liar afrika), hewan pengerat, kadal, dan burung. Saat moral kawanan sedang tinggi, mereka tidak segan-segan berburu hewan herbivore yang berukuran besar seperti Wildebeest. Perburuan biasanya terjadi pada pagi atau malam hari. Saat berburu, anjing liar afrika memiliki kebiasaan merobek daging mangsa saat mangsa masih dalam keadaan hidup.

Populasi anjing liar afrika terancam oleh peternak yang sering meracun dan menembak mereka karena sering ditemukan anjing liar afrika memangsa ternak penduduk. Selain manusia, musuh alami anjing liar afrika antara lain singa dan hyena.

VIDEO: Anjing Liar Afrika