Siklus Hidup Berang-Berang Laut/ Sea Otter


berang berang laut (Enhydra lutris)

Sea otter (Enhydra lutris)

Identifikasi
Berang-berang laut (Enhydra lutris) adalah anggota keluarga weasel/musang (Mustelidae) yang paling berat sekaligus mamalia laut terkecil. Berang-berang laut dewasa biasanya memiliki berat badan antara 14-45 kg dan panjang antara 1-1,5 m. Berang-berang laut dapat berenang hingga kecepatan 9 km/jam. Dalam keluarga besar Mustelidae, terdapat 57 spesies dari 22 genus. Beberapa diantaranya hidup di darat, sungai, dan laut. Mari sepintas berkenalan dengan saudara-saudara berang-berang laut lainnya.

berang berang sungai (Lutra canadensis)

River Otter (Lutra canadensis)

berang berang raksasa (Pteronura brasiliensis)

Giant Otter (Pteronura brasiliensis)

Spotted necked Otter (Hydrictis maculicollis)

American Mink (Neovison vison)

Beech Marten (Martes foina)

Domesticated Ferret (Mustela putorius furo)

Yellow-throated marten (Martes flavigula)

American pine marten (Martes americana)

American Badger (Taxidea taxus)

Stripped polecat/Zorilla (Ictonyx striatus)

Wolverine (Gulo gulo)

Morfologi & Deskripsi Fisik
Berang-berang laut memiliki hidung & telinga khusus yang dapat menutup ketika berenang di dalam air. Kaki depan memiliki bantalan kasar & cakar untuk memegang mangsa, dan kaki belakang berselaput untuk berenang.

kaki berselaput berang-berang

Kaki berselaput berang-berang

Berang-berang laut memiliki lipatan kulit di bawah lengan (ketiak) sebagai tas penyimpanan mangsa mereka sebelum di bawa ke permukaan. Tidak seperti mamalia laut lainnya, berang-berang laut tidak memiliki lapisan lemak dan bergantung pada bulu yang sangat tebal untuk tetap hangat. Bulu berang-berang laut adalah yang paling padat di kerajaan hewan. Berang-berang laut dapat mengapung lama karena kapasitas paru yang besar (sekitar 2,5 kali lebih besar dari mamalia darat berukuran sama) dan karena udara yang terjebak di bulu nya.

Berang-berang laut dapat mengapung karena udara yang terjebak di bulunya

Berang-berang laut dapat mengapung karena udara yang terjebak di bulunya

Makanan
Berang-berang laut adalah karnivora & aktif mencari makan pada pagi hari (diurnal). Berang-berang laut merupakan satu-satunya mamalia laut yang menangkap ikan dengan cakar dan bukan dengan gigi. Makanan berang-berang laut adalah kerang, bulu babi, abalone, kepiting, ikan, bintang laut, cumi-cumi dan berbagai makhluk laut lainnya. Berang-berang laut memiliki cara unik untuk makan. Mereka menggunakan perut mereka sebagai meja makan dan menggunakan batu untuk menghancurkan cangkang mangsanya. Berang-berang adalah salah satu mamalia yang mampu menggunakan alat.

abalon bibir hijau

Green lip abalone

berang berang pemakan bulu babi

Berang-berang laut sedang menyantap bulu babi (urchin)

kepiting makanan berang berang

Berang-berang laut sedang menyantap kepiting

kerang makanan berang berang

Berang-berang laut sedang menyantap kerang

Berang-berang laut hidup di air dingin, yang membuat sulit bagi mereka untuk tetap hangat. Berang-berang laut harus makan setidaknya 25% dari berat badan mereka setiap hari. Untuk memenuhi kebutuhan makannya, berang-berang laut perlu makan setiap 3 jam sekali.

Sebagian besar kebutuhan air terpenuhi melalui makanan atau terkadang air laut. Sebagai bentuk adaptasi, berang-berang laut memiliki ginjal relatif besar agar kadar garam dalam tubuh tidak berlebihan.

Habitat
Berang-berang laut hidup di perairan pantai dengan kedalaman 15-23 m.

Predator
Predator utama berang-berang laut adalah hiu, elang gundul, dan paus pembunuh. Namun kematian akibat tumpahan minyak laut juga sering terjadi.

elang gundul atau elang botak

Elang Gundul (Haliaeetus leucocephalus)

Siklus Hidup
Berang-berang laut cenderung beristirahat bersama dalam kelompok satu jenis kelamin yang disebut rafts. Sebuah rafts biasanya terdiri dari 10-100 berang-berang. Agar tidak hanyut ketika beristirahat & makan, berang-berang laut terkadang membungkus diri dengan rumput laut. 

berang berang dan rumput laut

Berang-berang membungkus diri dengan rumput laut (kelp) agar tidak hanyut

Berang-berang laut adalah pelaku poligami (jantan memiliki banyak pasangan betina). Perkawinan terjadi di air, jantan menggigit moncong betina (sering meninggalkan bekas luka) dan kadang-kadang memegang kepala betina di bawah air.

Masa hamil berang-berang laut adalah 4-9 bulan. Kelahiran biasanya terjadi di dalam air dan menghasilkan seekor anak (1,4-2,3 kg). Kemungkinan lahirnya bayi kembar sangat kecil (2%), dan biasanya hanya 1 yang mampu bertahan. Tidak seperti banyak mamalia, berang-berang laut terlahir dengan mata terbuka. Bayi yang baru lahir dilengkapi dengan 10 gigi dan mantel bulu tebal yang langsung bisa dipakai mengapung. Bulu ini secara bertahap akan digantikan oleh bulu dewasa setelah sekitar 13 minggu.

Sama seperti mamalia laut lainnya, air susu berang-berang laut kaya lemak. Induk betina biasanya menggendong bayi mereka sembari mengapung di air. Saat mencari makan, induk akan meninggalkan anaknya mengambang diatas air dan dibungkus rumput laut agar tidak hanyut. Induk betina akan memelihara bayi hingga 4-12 bulan. Berang-berang remaja biasanya mandiri saat umur 6-8 bulan.

bayi berang berang

Induk berang-berang sedang mengapung dengan bayi nya

Berang-berang laut akan matang & siap kawin setelah berumur 3-4 tahun untuk betina dan 5 tahun untuk jantan. Di alam liar, berang-berang laut dapat hidup sampai usia maksimal 23 tahun, dengan rentang hidup rata-rata 10-15 tahun untuk jantan dan 15-20 tahun untuk betina.

VIDEO : http://www.youtube.com/watch?v=epUk3T2Kfno

Advertisements