Siklus Hidup Chinchilla

Identifikasi

gambar chinchilla

Chinchilla


Nama: Chinchilla lanigera
Keluarga: Chinchillidae
Orde: Rodentia
(hewan pengerat)
Panjang badan: 22–38 cm (ukuran betina lebih besar daripada jantan)
Panjang ekor: 15 cm
Berat: 450-900 gram

Chinchilla memiliki bulu halus yang sangat tebal dengan warna bervariasi antara : abu-abu, putih, dan coklat muda. Bulu tebal inilah yang membantu Chinchilla untuk bertahan hidup di habitat mereka yang dingin. Pada abad 18 dan 19, Chinchilla banyak diburu karena bulunya hingga hampir punah. Meskipun terancam punah, Chinchilla banyak dijual di toko-toko hewan peliharaan di negara maju.

gambar bayi chinchilla putih

bayi chinchilla putih

gambar bayi chinchilla abu-abu

bayi chinchilla abu-abu

gambar bayi chinchilla cokelat

bayi chinchilla cokelat

Mata dan telinga Chinchilla berukuran besar. Cakar Chinchilla berukuran kecil dan lembut. Gigi Chinchilla akan tumbuh terus menerus sepanjang hidup sehingga mereka perlu terus-menerus menggigit sesuatu yang keras untuk menjaga gigi mereka tidak tumbuh terlalu panjang. Chinchilla termasuk hewan crepuscular, yaitu hewan yang aktif saat fajar dan senja. Mata mereka yang besar membantu mereka untuk melihat objek di kondisi semi-gelap.


Habitat
Chinchilla liar hidup di lereng gunung berbatu di ketinggian antara 10.000-16.500 kaki di Pegunungan Andes, Chile Utara. Mereka tinggal di liang di antara bebatuan.

gambar chinchilla liar

Chinchilla liar

Makanan
Chinchilla adalah hewan herbivora. Di alam liar, Chinchilla makan tanaman seperti rumput dan lumut. Di kebun binatang atau sebagai peliharaan, Chinchilla makan pelet untuk kelinci, apel, wortel, selada, pak choi (bok choy), kangkung, dan jerami.

gambar pak choi

Pak choi (Brassica rapa chinensis)

Siklus Hidup

  • Remaja
    Anak Chinchilla akan mulai mandiri setelah berumur 6-8 minggu.
  • Dewasa
    Chinchilla menjadi dewasa secara seksual antara 6-8 bulan.
  • Musim Kawin
    Meskipun Chinchilla peliharaan akan berkembang biak dengan lawan jenis yang dipilihkan untuk mereka, di alam liar, Chinchilla hidup dengan pasangan yang sama sepanjang hidup mereka. Musim kawin berlangsung antara Mei hingga November. Chinchilla betina mengalami masa subur selama sekitar dua hari, biasanya di musim dingin. Setelah kawin, masa kehamilan Chinchilla adalah sekitar 105-115 hari. Chinchilla dapat berkembang biak terus menerus hingga mereka mati.
  •  Kelahiran
    Chinchilla akan melahirkan sekitar 2-3 bayi. Untuk mempersiapkan diri dengan kondisi sangat dingin, mereka terlahir sepenuhnya berbulu dengan mata terbuka. Ini juga yang menjadi alasan mengapa Chinchilla memiliki periode kehamilan lebih lama dibanding hewan pengerat lainnya. Berat rata-rata bayi Chinchilla adalah adalah 45 gram. Di alam liar, Chinchilla dapat hidup hingga 10 tahun, tapi Chinchilla peliharaan dapat hidup sampai 20 tahun.

    VIDEO PROSES MELAHIRKAN CHINCHILLA: http://www.youtube.com/watch?v=EC7ZXHrHhvE&feature=relmfu

Advertisements